Investasi Jangka Pendek Akseleran: #dirumahaja Bisa Tetap Berpenghasilan



Hey, sudah pada bosan #dirumahaja?
Beberapa hari terakhir ini saya sudah mulai #dirumahaja, melakukan semua aktivitas dari rumah dan mengurangi aktivitas di luar rumah dan bepergian, sejak pandemi Covid-19 mulai merebak. Ya tentunya sangat berbeda beraktivitas dari rumah dan jarang keluar, bosan dan suntuk, apalagi di hari-hari setelah sepekan. Karena aktivitas mulai terbatasi, penghasilan juga mulai menurun, makanya saya memulai mencari cara untuk berpenghasilan yang bisa saya lakukan dari rumah.
Pertama kali tahu Akseleran ini dari seorang teman yang telah berinvestasi pendanaan di sana. Awalnya Saya mengira bahwa Akseleran ini adalah wadah pinjaman online yang seperti pada umumnya yang ujung-ujungnya akan menyusahkan para debitur. Tapi ternyata saya telah Su’udzon, Saya telah salah sangka. Bisa dibilang Akseleran ini adalah adalah wadah yang mengumpulkan para pemberi pinjaman (lender) atau pemilik modal untuk memberikan pinjaman berupa modal usaha kepada pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang membutuhkan pinjaman atau peminjam (borrower). Dengan begitu, pelaku UKM akan sangat terbantu dalam mendapatkan dana untuk usaha yang dirintisnya. 
Melalui Akseleran ini, seseorang yang memiliki dana lebih bisa menjadi investor/lender tanpa takut mengalami kerugian. Bisa dibilang Akseleran ini adalah jembatan antara investor dan debitur. Dengan sistem yang sama-sama menguntungkan alias simbiosis mutualisme. Sepertinya memang ini yang saya butuhkan untuk tetap memiliki penghasilan tambahan dengan berinvestasi jangka pendek selama pekan-pekan #dirumahaja yang entah sampai kapan usainya.
Ah, mungkin kalian masih bingung yah?
Jadi, gini, Akseleran adalah startup Financial Technology (fintech) Peer to Peer (P2P) Lending yang didirikan pada tahun 2017, tepatnya pada 2 Oktober 2017. P2P Lending sendiri adalah metode yang memberikan pinjaman uang kepada individu atau bisnis dan begitupun sebaliknya, mengajukan pinjaman untuk keperluan individu atau bisnis. Intinya, P2P Lending itu menghubungkan antara pemberi pinjaman (pendana/investor) dengan para peminjam secara online. Jadi bisa dibilang, Akseleran ini adalah platform yang mempertemukan antara pemilik dana (investor/lender) dengan orang yang membutuhkan dana (pelaku UKM) atau calon peminjam (borrower)
Di Akseleran, seseorang yang memiliki dana atau yang bertindak sebagai pemberi pinjaman atau yang lebih dikenal dengan investor akan disebut Lender, sedangkan mereka yang akan menjadi calon peminjam disebut sebagai Borrower. Jadi ingat 2 istilah ini yah. Karena setelah ini Saya akan lebih sering menggunakan 2 istilah ini. 


Di Akseleran, ada berbagai Usaha yang membutuhkan pendanaan, dan bisa memilih yang diproteksi Asuransi dan ada juga yang tidak dengan persentasi keuntungan yang bervariasi.


Nah, di Akseleran ini Kamu tidak perlu nunggu banyak uang dulu untuk bisa berinvetasi pendanaan atau mengembangkan dana. Karena di Akseleran, Kamu bisa mengembangkan dana mulai dari Rp100.000. Dan keuntungan yang bisa Kamu dapatkan atau imbal hasil yang akan Kamu terima dari hasil investasi pendanaan Rp100.000 itu bisa hingga 21% per tahun. Jadi kalau Kamu invest lebih dari itu, maka Kamu tentunya akan mendapat keuntungan yang lebih banyak. 
Pertanyaan selanjutnya, “Lalu bagaimana jika realita tidak sesuai ekspektasi Saya?”. Kamu jangan berpikir bagaimana jika kena tipu, karena Akseleran ini adalah salah satu perusahaan startup yang berada di bawah pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Jadi pastinya uang yang Kamu pinjamkan akan sangat aman di sini. Akseleran juga sudah berstatus berizin dan diawasi per tanggal 13 Desember 2019 dalam surat tanda berizin KEP-122/D.05/2019. Lalu Akseleran sudah mendapatkan ISO 27001 full scope sehingga keamanan data pemberi pinjaman (lender) dan penerima pinjaman (borrower) terjamin. Selain itu, orang-orang yang berada di balik Akseleran adalah mereka yang telah tergolong profesional di bidangnya. Jadi mereka akan sangat hati-hati dalam mengelola uang-uang yang masuk maupun yang keluar. 
Selain belajar menjadi lender dan mendapat keuntungan, dengan bergabung menjadi Lender di Akseleran, pastinya akan muncul kebahagiaan tersendiri dari dalam diri Kamu karena telah membantu mereka para pelaku UKM yang membutuhkan dana untuk mengembangkan usaha yang dirintisnya. Dan tentunya Kamu telah membantu perekonomian negara Indonesia ke arah yang lebih baik. 
Jadi untuk Kamu yang punya dana lebih dan bingung harus investasi ke mana, atau Kamu yang punya sedikit uang tapi punya jiwa investasi yang besar, maka Akseleran adalah wadah yang tepat. Lalu apa yang harus dilakukan pertama kali untuk bisa menjadi Lender di Akseleran? Pertama-tama, siapkan KTP, NPWP dan rekening pribadi untuk mengisi data diri. Berikut ini akan Saya jelaskan step by step untuk pendaftaran sebagai Lender di Akseleran.
Tutorial Registrasi Lender Baru Akseleran
1. Proses awal registrasi
Pertama-tama, download dulu Aplikasi Akseleran di Google Play Store (Android) atau Apple App Store (iOS).
Kemudian buka Aplikasinya, baca info singkatnya, kemudian KLIK Daftar.
Selanjutnya, masukkan Email dan Password, kemudian centang persetujuan kebijakan privasi dan selesaikan dua langkah verifikasi.
Selanjutnya akan diminta memasukkan kode promo/kode referral. Masukkan kode ini: AKSLANUGRAH329846. Setelah memasukkan kode ini, secara otomatis Kamu akan mendapatkan free saldo senilai Rp100.000 (akan ada notifikasi singkat “selamat Anda mendapatkan saldo promo…”).
Selanjutnya, verifikasi Akun (Email dan Nomor Handphone).
Selanjutnya, pilih preferensi sebagai Lender.
Pilih tipe perorangan.

2. Tahap pengisian data diri
Siapkan KTP.
Siapkan NPWP.
Siapkan Nomor rekening bank pribadi yang valid sesuai buku tabungan (harus atas nama yang bersangkutan).
Proses e-KYC: Tanda tangan perjanjian keanggotaan (PrivyId) >>> Ikuti sesuai yang dimintakan di aplikasi.
Terima notifikasi ke inbox email yang dimasukkan.
Jika sudah dapat notifikasi 100% maka dinyatakan semua proses registrasi dan pengisian diri BERHASIL.

3. Tahap Pendanaan Saldo Promo Rp100.000
Login lagi ke akun Akseleran yang telah dibuat.
Pilih campaign atau UKM mana yang mau diberikan pinjaman dengan saldo Rp100.000 tersebut (yang belum terkumpul 100%).
Klik BERI PINJAMAN.
Untuk saldo promo Rp100.000 dan bunganya baru bisa ditarik (tombol Tarik Dana/Withdrawal) begitu masa tenor pinjaman UKM/Borrower berakhir (akan masuk terlebih dahulu ke akun Akseleran yang bersangkutan).
Mungkin ketika Kamu membaca step by step di atas, Kamu merasa ini sangat ribet. Tapi percayalah, ketika Kamu menjalankannya, ini tak sesulit dan seribet apa yang Kamu baca sebelumnya.
Jadi singkatnya begini, untuk menjadi Lender, Kamu cukup registrasi dulu sesuai step by step yang telah Saya arahkan di atas. Setelah akun Kamu siap, Kamu Login kembali dan mulai melihat-lihat profil calon peminjam. Jadi ini cara kerjanya bukan hanya Kamu yah yang memberikan pinjaman pada seorang borrower. Melainkan ini memberikan pinjamannya secara gotong royong. Jadi misalnya ada pelaku UKM yang membutuhkan dana sekitar Rp500 juta, maka yang memberikan pinjaman ke UKM tersebut bisa lebih dari 10 orang (bahkan bisa lebih 100 orang). Jadi ini ceritanya Kamu berbuat baiknya rame-rame. Tapi tenanglah, apa yang Kamu dapatkan akan tetap sesuai perhitungan ketentuan yang telah ada. Jadi kalau mau untung banyak, berikan pinjaman sebanyak-banyaknya juga ya, tetapi ingat perlu diversifikasi untuk meminimalisir risiko
Lalu bagaimana dengan risikonya? 
Okay okay, saya tahu kalian pasti sudah merisaukan ini dari tadi hahaha. Sebagai lender yang akan meminjamkan modalnya kepada pelaku UKM tentu saja selain memikirkan keuntungan juga akan memikirkan risiko yang mungkin akan terjadi seperti risiko gagal bayar (kemungkinan adanya gagal bayar oleh peminjam), risiko likuiditas agunan (sulit menjual agunan atau jatuhnya nilai agunan), serta risiko proses hukum (perselisihan hukum dengan peminjam biasanya akan diselesaikan melalui jalur hukum atau proses peradilan). Nah di Akseleran ini hak-hak Lender juga sangat diprioritaskan untuk menjaga Lender dari risiko-risiko itu, salah satunya dengan jaminan keamanan dan pengawasan OJK. Untuk lebih jelasnya, simak cara kerja Akseleran ini ya!
Cara Kerja P2P Lending Akseleran? 
Nah untuk meminimalisir kerisauan dan risiko bagi para Lender tentu saja tim Akseleran sudah mengantisipasi semua risiko dan memberikan jaminan keamanan. Berikut ini adalah gambaran mengenai cara kerja Akseleran ini:
1. Jadi pertama-tama, pelaku UKM mengajukan proposal pinjaman sesuai kebutuhan usahanya melalui website Akseleran maupun Aplikasi Akseleran.
2. Kemudian pihak Akseleran akan meminta keterangan dan dokumen usaha yang dibutuhkan untuk menganalisa risiko usahanya. Hal ini juga dibutuhkan sebagai salah satu dasar proses credit scoring yang berdampak kepada besaran bunga yang akan dikenakan.
3. Nah, apabila menurut hasil credit scoring usaha dinilai layak mendapat pinjaman, maka pihak Akseleran akan memberikan proposal berisi nilai pinjaman yang disetujui beserta bunga pinjamannya.
4. Apabila proposal disetujui calon peminjam, maka calon peminjam harus menandatangani perjanjian kredit. Apabila memang tidak disetujui, bisa dilakukan adjustment atau juga batal dilakukan peminjaman.
5. Setelah menandatangani perjanjian kredit, peluang pemberian pinjaman baru ini akan diletakkan di website Akseleran maupun Aplikasi Akseleran beserta keterangan lengkapnya, terutama besarnya imbal hasil (return) untuk dilihat oleh calon pemberi pinjaman (crowd investor atau lender). Investor yang tertarik bisa langsung top up saldo dan memberikan pinjaman di peluang tersebut.
6. Campaign pemberian pinjaman baru ini akan berjalan selama 30 hari di website Akseleran maupun Aplikasi Akseleran. Apabila sukses menggalang dana pinjaman minimal 80% dalam waktu paling lambat 30 hari, maka dana akan disalurkan. Apabila tidak mencapai minimal 80% dari nilai pinjaman yang ditargetkan, maka dana akan dikembalikan ke crowd investor atau lender dan penggalangan dana pinjaman gagal.
7. Crowd Investor atau lender yang telah berhasil meminjamkan dananya ke usaha tersebut dan terkumpul 100%, maka akan mendapatkan keuntungan berupa imbal hasil atau bunga setiap bulannya. Besarnya bunga sesuai yang tertera di detail pinjaman tersebut.
Jadi seperti itulah cara kerja dari P2P Lending Akseleran. Untuk kamu yang akan menjadi investor, bisa mendaftar sebagai Lender. Sedangkan bila kamu adalah yang membutuhkan dana, Kamu bisa mendaftar sebagai Borrower.
Jadi, Akseleran ini adalah investasi jangka pendek yah... Dan sekali lagi, Kamu jangan takut tidak mendapatkan keuntungan atau bahkan apa yang Kamu kembangkan akan bernilai Zonk. Karena pertama, Akseleran ini adalah perusahaan yang berada di bawah pengawasan OJK. kemudian yang kedua, tidak sembarang orang bisa lolos mendapatkan pinjaman di Akseleran ini. Karena akan benar-benar diseleksi oleh tim profesional di Akseleran. Jadi tentunya para borrower adalah orang-orang yang memang terpercaya dan bukan yang habis dapat pinjaman lalu kabur.  

Bagaimana? Tertarik untuk berinvestasi pendanaan dengan skala kecil? Ayo coba daftar sebagai Lender di Akseleran. Jangan lupa untuk menggunkan Kode Referral saya AKSLANUGRAH329846 untuk mendapatkan free saldo Rp100 ribu untuk mulai berinvestasi pendanaan.

You Might Also Like

1 komentar

Top Categories