Ide-ide Bisnis Passive Income

pict Source: Liputan6


Apakah Anda ingin memiliki penghasilan tambahan? Anda bisa mencoba menekuni bisnis passive income. Memiliki passive income sendiri merupakan investasi di masa depan. Bagaimana tidak, walaupun Anda telah pensiun dari pekerjaan utama Anda, bisnis passive income yang Anda jalankan akan tetap memberikan penghasilan untuk Anda. Hal ini sangat cocok jika Anda masih harus menanggung biaya pendidikan anak Anda misalnya. 

Dengan memiliki passive income, Anda tidak perlu mengajukan pinjaman untuk memenuhi kebutuhan Anda dan keluarga Anda. Lalu bisnis passive income apa saja yang bisa Anda lakukan? Simaklah dalam ulasan kami berikut ini.

Beberapa ide bisnis passive income

1. Royalti

Royalti artinya sejumlah tarif yang harus dibayarkan kepada pemilik karya bila ada orang lain yang menggunakannya untuk tujuan komersil. Contohnya adalah profesi penulis yang mendapatkan sekian persen dari setiap pembelian buku. Selain penulis, pencipta lagu, dan penemu atau ilmuan juga mendapatkan royalti untuk karya atau ciptaan mereka.

2. Menjadi Penulis

Tentu saja ide ini diperuntukkan bagi mereka yang mempunyai kompetensi dalam bidang tulis-menulis. Anda bisa menuangkan ide dalam buku-buku sesuai minat, latar belakang pendidikan, atau hobby Anda. Menjual buku-buku yang menarik bisa menjadi alternatif sempurna untuk memperoleh  passive income dengan jumlah yang lebih dari cukup. Seorang penulis umumnya mendapatkan 10% royalti dari tiap karya yang berhasil terjual.

3. Menyewakan Properti

Sewa-menyewa properti juga bisa menjadi pilihan bila Anda memang mempunyai rumah, ruko, atau gudang untuk disewakan atau dikontrakkan. Bila tidak ada paling mudah adalah menyewakan ruangan atau kamar tamu di rumah. Setiap hari jutaan orang,  terutama traveler mencari tempat menginap yang bersih, layak, dan murah dibandingkan hotel. Anda bisa menyewakan kamar untuk kos harian, guest house, dan sejenisnya.

4. Menjadi Blogger

Menjadi content creator, misalnya blogger juga cocok untuk dicoba para generasi milenial. Contohnya, Anda membuat blog atau web dengan tema bisnis. Dalam blog tersebut secara teratur unggah konten yang berhubungan dengan rujukan bisnis lokal, bisnis online, edukasi tentang bisnis, rekomendasi waralaba, dan sebagainya. seiring dengan bertumbuhnya traffic Anda kesempatan untuk menambah pundi-pundi uang akan bertambah dari pengiklan di situs tersebut.

5. Membuat Online Shop

E-commerce sudah demikian populer saat ini dan Anda pun bisa berpartisipasi dalam bidang ini dengan menjadi owner online shop. Bila belum punya produk sendiri Anda bisa mengawali bisnis dengan menjadi dropshiper. Artinya Anda mempromosikan produk milik supplier dan saat ada permintaan dari konsumen, supplier Andalah yang akan mengurus semuanya, termasuk pengiriman barang namun dengan nama online shop Anda.

6. Membuat Kursus Online

Kenyataannya kursus online bisa menjadi sumber passive income yang besar. Yang dimaksud kursus online adalah pemberian materi atau informasi tentang suatu hal dengan sarana email, ebook, dan video. Seorang netizen yang mendaftar untuk membeli system Anda, akan mendapatkan akses yang diperlukan untuk menjangkau materi Anda.

7. Menjadi Youtuber

Orang biasa pun bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari Youtube asalkan konten yang Anda hasilkan benar-benar menarik. Video dengan banyak follower adalah sarana yang tepat untuk memasang iklan dan setiap kali tayangan iklan muncul pada video karya Anda pundi-pundi uang pun akan mengisi kantong Anda.

8. Menjual Foto Stock

Faktanya foto yang Anda ambil dengan kamera ponsel bisa menjadi uang untuk Anda. Bila Anda adalah orang yang suka memotret cobalah mengakses situs seperti Shutterstock dan kirim foto-foto hasil jepretan Anda. Setiap kali ada netizen yang mengunduh foto tersebut, Anda akan memperoleh uang dari royalti.

9. Menjadi Developer Aplikasi Mobile

Bila Anda mempunyai kompetensi dalam bidang tersebut dan memiliki ide yang original, menarik, menghibur, atau bermanfaat untuk aplikasi Android, ini bisa menjadi sumber passive income Anda. Selain merintis aplikasi terbaru, Anda juga bisa menciptakan versi baru yang lebih baik dari aplikasi yang sudah ada. Tidak sedikit orang menghasilkan hingga ribuan dollar setiap bulannya dari aplikasi Android ciptaan mereka.

10. Membuat Software Berbayar

Jika anda programer untuk bisa menghasilkan passive income dengan mudah salah satunya adalah membuat software yang bagus dan bermanfaat untuk banyak orang. Contoh seperti membuat aplikasi billing warnet, anda bisa menjual per lisensi pada orang-orang yang membuka warnet dan itu bisa menjadi salah satu sumber passive income anda.

11. Menyewakan Kendaraan

Bisnis sewa menyewa kendaraan memang sudah sangat umum, namun kali ini Anda bisa mencoba menyewakan mobil sebagai sarana beriklan. Jadi tak perlu mengambil penumpang atau menyewakan kendaraan Anda kepada orang lain dengan tarif tertentu, cukup mengizinkan pemilik perusahaan atau pebisnis menempelkan iklan mereka pada jendela mobil Anda. Asyik, bukan?

12. Menjual Keahlian Secara Online (Freelancer)

Menjadi freelancer bisa dicoba bila Anda memang mempunyai keahlian, misalnya dalam bidang penerjemahan, penulisan artikel, jasa SEO, jasa backlink berkualitas, developer aplikasi android/ios atau desain. Anda bisa mempromosikan jasa tersebut secara mandiri, atau bergabung dengan situs-situs freelancer untuk mendapatkan klien. Dengan platform khusus tersebut Anda akan lebih mudah mempopulerkan layanan jasa yang Anda sediakan.

13. Franchise

Memilih investasi ini Anda tak sekedar memulai bisnis tapi sekaligus mengadopsi sistem yang telah berjalan dengan brand yang sudah populer. Artinya Anda juga sekaligus memboyong konsumen kepada bisnis Anda. Franchise atau waralaba cocok bagi Anda bila Anda ingin menempuh jalan pintas untuk mencapai kesuksesan bisnis.

Itulah beberapa ide bisnis passive income yang bisa Anda lakukan. Anda harus giat dalam menekuni bisnis tersebut agar tetap menguntungkan bagi Anda. Informasi lain seputar passive income bisa Anda simak di artikel CekAja.com di

Saat ini, tren memiliki passive income telah merambah ke hampir semua kalangan. Anda ingin memiliki passive income juga? Anda bisa mendapatkannya dengan mengunjungi CekAja.com.
Di CekAja.com, Anda juga bisa mencoba mendaftar untuk mendapatkan passive income.

Produk passive income yang ditawarkan di CekAja.com sendiri adalah Deposito Berjangka,

Deposito Syariah, Sekuritas, Logam Mulia, dan Unit Link. Prosesnya pun lebih cepat dan mudah. Segera daftarkan diri Anda untuk investasi masa depan Anda.

You Might Also Like

0 komentar

Top Categories