Cara Mengeringkan HP yang Terendam Air

Pict Source: Liputan6

HP sudah menjadi barang yang wajib dimiliki bagi setiap orang, hendak kemana saja Hp selalu ikut serta dibawa. Banyak yang menggunakannya untuk berkomunikasi, bekerja, atau hanya sekedar untuk hiburan. Namun, kecelakaan terkadang terjadi kepada HP Anda. Misalnya saja jika HP Anda tidak sengaja terendam air. Lalu apa yang harus Anda lakukan untuk mengeringkannya? Berikut ini adalah cara mengeringkan hp yang terendam air.

Persiapan sebelum mengeringkan HP yang terendam air

1.   Matikan HP Anda

Jika HP Anda masih dalam keadaan hidup, maka segera matikan HP Anda agar tidak terjadi hubungan arus pendek pada komponen HP Anda yang dapat merusak HP Anda.

2.   Lepas back cover dan pelindung tambahan HP

Jika HP Anda menggunakan pelindung tambahan di bagian belakang, segera lepas pelindung tersebut agar air yang berada di dalam HP dapat keluar dengan mudah. Jika back cover HP Anda bisa dilepas dengan mudah, maka lepaslah bagian back cover tersebut agar air yang berada di dalam HP dapat keluar dengan mudah.

3.   Lepas baterai, SIM Card dan Micro SD Card

Ini bagian yang tak kalah penting. Segera lepaskan SIM Card dan Micro SD Card yang ada dalam HP Anda. Hal ini bertujuan untuk menghindari hubungan arus pendek yang terjadi dalam HP merusak SIM Card dan Micro SD Card Anda. Jika baterai HP Anda bisa dilepas, maka lepaskanlah baterai HP Anda dari HP Anda. Hal ini agar tidak terjadi hubungan arus pendek dalam HP Anda setelah terkena air. Namun, kebanyakan HP saat ini mengadopsi teknologi baterai tanam. Namun, jangan khawatir, karena biasanya HP dengan teknologi baterai tanam cenderung memiliki back cover yang tertutup sangat rapat, sehingga air akan sulit masuk ke dalam HP. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa tidak semua HP didesain untuk tahan terhadap air.

Cara-cara mengeringkan HP yang terendam air

1.   Diamkan HP selama beberapa waktu

Cara mengeringkan HP yang pertama adalah dengan cara mendiamkannya di ruangan yang sejuk dan kering. Hal ini tentunya akan memakan waktu yang cukup lama. Hindari menjemur HP di bawah sinar matahari langsung, karena hal tersebut dapat merusak beberapa komponen dari HP.

2.   Mengelap HP dengan kain kering

Jika ingin proses pengeringan HP Anda lebih cepat, Anda bisa mengelap HP Anda dengan kain yang bersih dan kering. Usahakan kain tersebut dapat menyerap air dengan baik.

3.   Menggunakan vacuum cleaner mini

Untuk menjangkau air yang mengendap di bagian dalam HP, Anda bisa mencoba menggunakan vacuum cleaner mini untuk mengeringkan HP Anda. Namun penggunaannya harus tetap berhati-hati agar tidak merusak komponen di dalam HP Anda.

4.   Kubur HP ke dalam beras

Ini adalah cara yang biasa dilakukan jika HP terendam air. Beras bisa membantu menyerap air, bahkan hingga ke bagian dalam HP tersebut. Cukup kubur HP Anda ke dalam beras selama 2 hari. Namun, perlu diwaspadai jika ada beras yang masuk ke dalam lubang HP Anda.

5.   Kubur HP ke dalam gel silika

Jika khawatir dengan higienitas beras setelah dipakai untuk mengubur HP, Anda bisa menggunakan gel silika. Metodenya pun sama, tinggal kubur HP Anda dengan gel silika.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengeringkan HP Anda yang terendam air. Anda juga bisa langsung pergi ke service center resmi dari HP Anda agar mendapatkan penanganan yang tepat, apalagi jika Anda masih memiliki garansi untuk HP Anda. Untuk informasi lebih lanjut tentang penanganan saat HP terkena air, silahkan kunjungi artikel CekAja.com di https://www.cekaja.com/info/cara-memberi-pertolongan-pertama-pada-HP-korban-banjir/ 

Saat HP Anda terkena air, Anda tidak perlu panik. Segera berikan penanganan dengan cepat dan tepat, agar HP Anda dapat diselamatkan. Namun, jika HP Anda tidak bisa diselamatkan, Anda jangan khawatir. Pastikan semua data penting yang ada di HP Anda telah di-backup, lalu Anda bisa membeli HP yang baru di e-commerce favorit Anda dan membayarnya di kartu kredit BRI. Di CekAja.com, Anda bisa melakukan pengajuan kartu kredit BRI dengan cepat dan mudah. Anda bisa dengan mudah menemukan kartu kredit BRI yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Segera ajukan kartu kredit BRI Anda sekarang juga ke CekAja.com.

You Might Also Like

0 komentar

Top Categories