Yuk Kita Menghemat Listrik, Salah Satu Cara Berkontribusi Terhadap Lingkungan

October 15, 2019

Pict: Google.com


Seiring dengan berjalannya waktu, bumi yang menjadi tempat tinggal kita satu-satunya ini pun seakan sudah semakin tua dan rusak. Es di Kutub Utara yang sudah semakin mencair, perubahan cuaca ekstrem yang tak terkendali, lautan yang semakin tercemar dan membahayakan ekosistem di dalamnya, serta maraknya penyakit-penyakit yang banyak menyerang manusia dan hewan karena polusi yang berlebihan dan pencemaran udara yang sepertinya sudah tidak bisa tertolong.

Kejadian-kejadian yang dialami oleh bumi ini jelas tidak akan terjadi tanpa ada faktor yang memicunya, dan terdapat dua hal yang menjadi penyebab terbesar kerusakan bumi saat ini, yaitu aktivitas manusia dan bencana alam. Namun, diantara kedua hal tersebut, aktivitas manusia lah yang berpeluang menjadi faktor utama dari kerusakan bumi yang tengah terjadi saat ini.

Membuang sampah sembarang, masih menggunakan plastik sekali pakai, menggunakan kendaraan pribadi yang dapat menimbulkan polusi udara, menebang pohon demi memenuhi kepentingan pribadi, hingga pemakaian listrik yang cenderung berlebihan. Padahal, tanpa bumi, manusia tidak akan memiliki tempat tinggal untuk bertumpu, dan seluruh aktivitas yang dilakukan oleh manusia terhadap bumi pun juga sedikit lebih banyak akan kembali ke manusia itu sendiri.

Sebut saja seperti, makhluk laut yang telah tercemar oleh sampah plastik yang menumpuk, akan kembali dikonsumsi oleh manusia yang tidak tahu apa-apa, polusi yang diakibatkan oleh kendaraan bermotor, akan mengakibatkan berbagai bentuk penyakit yang berpeluang untuk menyerang manusia, dan pemanasan global yang sebagian besar diakibatkan oleh penggunaan listrik berlebih, akan membuat cuaca menjadi tidak menentu dan berpeluang untuk terjadinya kemarau berkepanjangan. Semua hal yang terjadi akan memberikan dampak yang sangat berarti.

Manusia sebagai makhluk hidup paling sempurna penghuni bumi seharusnya memiliki kewajiban untuk menjaga tempat tinggal mereka dan turut berkontribusi dalam menjaga bumi. Sebenarnya, cara berkontribusi dalam menjaga bumi itu tidaklah sulit kok. Cukup hanya dengan mengurangi penggunaan plastik, membuang sampah pada tempatnya, dan menggunakan listrik seperlunya saja kamu sudah berperan dalam melindungi bumi lho.

Hanya saja, memang tidak dapat dipungkiri bahwa satu hal yang paling sulit adalah...memulai. Memulai dan menjadi konsisten dalam melakukan berbagai hal memang hal yang paling sulit, namun bukannya tidak mungkin untuk dilakukan. Jika kamu ingin tahu, sebenarnya apa sih cara paling mudah dalam berkontribusi melindungi bumi? Dengan menghemat penggunaan listrik.

Cara Mudah Menghemat Penggunaan Listrik

1. Mematikan Lampu


Sebenarnya ini merupakan aktivitas yang harus dibiasakan sejak dini. Jika biasanya kamu sering tidur dengan lampu menyala, maka biasakanlah untuk mulai mematikan lampu. Selain itu, biasakanlah pula untuk selalu mematikan lampu ketika keluar dari ruangan. Pada pagi dan siang hari, manfaatkanlah pencahayaan dari sinar matahari dibandingkan menyalakan lampu. Dengan begitu, secara tidak langsung kamu sudah berkontribusi dalam menjaga bumi lho.

2. Gunakan Ac Seperlunya


Di negara Indonesia yang notabene sebagai negara tropis, menggunakan Ac terutama pada siang hari pastilah sangat nyaman. Berada di dalam kamar yang dingin ditengah cuaca panas terik. Hanya saja, tentu menggunakan Ac berkelanjutan memiliki dampak yang sangat besar terhadap bumi. 

Maka dari itu, walaupun menggunakan Ac ketika siang hari memang sangatlah nyaman, tetapi usahakanlah untuk gunakan Ac seperlunya dan jangan berlebih. Sebagai contoh, ketika siang hari ada baiknya untuk memanfaatkan dinginnya angin alami dan baru menyalakan Ac ketika malam hari sebelum tidur.

3. Lepas Stop Kontak Ketika Sudah Tidak Digunakan


Pasti sering kali diantara kalian yang men-charge ponsel atau barang elektronik lainnya sambil ditinggal tidur. Walaupun elektronik saat ini sudah disertai dengan fasilitas smart charging, yakni energi akan berhenti tersedot ketika batere sudah dalam keadaan penuh, namun secara tidak langsung energi di dalam stop kontak tersebut masihlah aktif.

Hindarilah meninggalkan barang elektronik dalam keadaan masih ter-charge dan segeralah cabut kabel charger ketika batere sudah dalam keadaan penuh. 

Sangat mudah bukan? Sebenarnya jika kita memiliki kemauan yang kuat, berkontribusi terhadap lingkungan sangatlah mudah dilakukan. Yang perlu kamu lakukan ialah tetap konsisten dan jadikanlah sebagai habit dan gaya hidup.

Selain memberikan dampak positif terhadap lingkungan, ketiga kebiasaan tersebut juga membantu mu dalam mengurangi pengeluaran biaya listrik rumah tangga menjadi lebih hemat lho. Bukan hanya baik terhadap bumi, tetapi juga baik terhadap budget rumah tangga mu.

Mau tahu cara apa lagi yang bisa kamu lakukan dalam menjaga bumi? Yuk baca artikel lebih lanjutnya di https://www.cekaja.com/info/cara-hemat-listrik-rumah-tangga-yang-tahun-depan-tarifnya-bakal-naik/ 



You Might Also Like

0 komentar




Subscribe