Morula IVF: Solusi Mendapat Bayi Sehat Melalui Program Bayi Tabung

September 02, 2019



Ihwal momongan merupakan impian kebanyakan orang yang sudah menikah, kehadiran bayi mungil dalam keluarga tak hanya menjadi pelengkap kebahagiaan tapi juga menjadi penghibur dan penyemangat bagi pasangan yang telah menikah.

Ada yang baru menikah sudah dikaruniai anak, ada yang harus menunggu beberapa tahun, puluhan tahun, belasan tahun dan ada pula yang harus menunggu lebih lama, ada juga yang tak kunjung diberi.

Istilah mandul kerap disematkan kepada orang yang tidak kunjung memliki momongan setelah menikah, dan tak jarang yang menjadi buah bibir adalah pihak perempuan, dan dianggap tidak sempurna jika tak bisa memberikan keturunan.

Hal semacam ini sudah menjadi momok bagi perempuan indonesia, di mana dalam pergaulan sehari-hari mereka yang mengalami kesulitan atau terlambat hamil kerap menjadi gunjingan dan dihakimi mandul. Tak jarang pula pihak perempuan yang disalahkan dalam kondisi demikian. Padahal untuk memiliki anak, keduanya (suami istri) memiliki peran yang sama, dan kemungkinan yang sama pula dalam hal infertilitas atau ketidaksuburan.

Tapi, semakin ke sini, teknologi semakin canggih, berbagai ikhtiar dapat dilakukan untuk memudahkan memiliki momongan, terutama untuk pasangan yang memiliki masalah kesuburan. Salah satunya dengan program reproduksi berbantu, seperti inseminasi dan bayi tabung atau IVF.

In Vitro Fertilization (IVF) atau lebih dikenal dengan istilah bayi tabung adalah salah satu program reproduksi berbantu yang telah diterima secara luas sebagai salah satu upaya optimal untuk mendapatkan keturunan bagi pasangan yang mengalami permasalahan kesuburan atau kesulitan hamil secara alami. Sehingga membutuhkan bantuan medis.

Di makassar terutama, sudah hadir sejak dua tahun lalu program layanan kesuburan dan program reproduksi berbantu yang ditangani oleh dokter profesional dengan peralatan yang canggih. Morula IVF Makassar, adalah salah satu klinik yang siap membantu untuk mewujudkan impian para pasangan suami sitri untuk memiliki seorang bayi sehat.

Pekan lalu, tepatnya 25 Agustus, saya menghadiri selebrasi Two Fabulous Years of Morula IVF Makassar yang bertempat di Atrium Mal PIPO. Di perayaan 2 tahun Morula IFV Makassar itu juga sekaligus launching teknologi terbaru yaitu IMSI (intracytoplasmic Morphologically Selected Sperm Injection) yang mana teknologi ini memungkinkan untuk memili sperma yaang paling berkualitas untuk di suntikkan ke dalam sel telur, sehingga peluang keberhasilan pembuahan jadi lebih tinggi.

Sebab sperma dapat dianalisan dan terlihat bentuknya dengan pembesaran 6000x dengan menggunakan teknologi IMSi ini sehingga dapat dilakukan pemilihan sperma yang kualitasnya paling baik.

Tya Aristya Berbagi Inspirasi

Dalam acara Two Fabulous Years Morula IVF Makassar hari itu, turut menghadirkan guest star, Tya Aristya seorang artis cantik yang juga punya pengalaman melakukan program bayi tabung sebanyak dua kali di Morula IVF Jakarta. Ia turut memberi inspirasi dan semangat bagi pejuang dua garis, untuk terus berikhtiar dan tak perlu malu untuk berkonsultasi dan lebih rasional untuk memutuskan mengambil langkah program bayi tabung.


Karena baginya, yang mengalami masalah infertilitas, memutuskan untuk melakukan program bayi tabung adalah salah satu ikhtiar atau usahanya yang paling maksimal untuk memperoleh buah hati. Karena Tya mengaku ia dan suami sangat well prepare, bahkan sebelum menikah ia dan suami sudah melakukan pemeriksaan kesuburan, sehingga setelah menikah mereka bisa mengambil langkah tepat sedini mungkin untuk perencanaan memiliki momongan.



Dr. Rossy Sintya Marthasari, Sp.And.

Selain itu, Dr. Rossy juga turut menyemangati para pejuang dua garis, yang memimpikan kehadiran seorang bayi yang sehat, karena katanya, tak ada orang yang mandul di dunia ini, karena orang yang mengalami ketidaksuburan pun masih dapat dibantu memiliki anak dengan program kehamilan berbantu, karena teknologi sudah semakin canggih. tak ada alasan lagi untuk tidak berusaha dan berikhtiar.

Layanan Kesuburan Morula IVF Makassar

Selain Inseminasi dan program bayi tabung atau IVF, di Morula juga menyediakan berbagai layanan kesuburan, pemeriksaan hingga kebugaran. Morula IVF Makassar menyediakan beberapa layanan kesuburan bagi pejuang dua garis di antaranya:

Program Kehamilan Berbantu

- In Vitro Fertilization (IVF) dan Intra Cytoplasmic Sperm Injection (ICSI)
Inseminas Dibantu atau Intra Uterine Insemination (IUI) Ovulasi Induksi atau memicu ovulasi agar sel telur yang dihasilkan berkualitas terbaik, proses dibantu dengan penggunaan obat penyubur.
- Pengaturan jadwal berhubungan seksual disesuaikan dengan saat subur (ovulasi terjadi).
- Pembekuan sperma dan embrio

Jasa laboratorium

- Analisa sperma
Pencucian sperma

Jasa Kebugaran

- Joga

Sebagaimana upaya memperoleh seorang bayi adalah kerjasama antara suami dan istri, sehingga langkah awal yang dilakukan adalah pemeriksaan yang wajib dilakukan keduanya. Lalu kapan pemeriksaan sebaiknya dilakukan?

Selain setelah menentukan kapan kalian ingin memiliki anak, atau kapan ingin memulai program kehamilan, merujuk dari brosur yang saya dapatkan dari Morula IVF Makassar, setahun setelah pernikahan jika tidak kunjung hamil tanpa menggunakan alat kontrasepsi apapun makan dapat digolongkan tidak subur, atau perempuan mengalami keguguran setiap kali hamil. Oleh karena itu wajib memeriksakan keduanya, baik suami maupun istri.

Tahapan Program Bayi Tabung (IVF)

Nah setelah melakukan pemeriksaan, dan diketahui permasalah masing-masing (suami atau istri) apabila diketahu adanya infertilitas maka tahapan selanjutnya dalam program bayi tabung di Morula IVF Makassar:

- Stimulasi untuk memacu pertumbuhan sel telur yang sehat
- Mengumpulkan sel-sel telur yang dihasilkan
- Mengumpulkan dan menyeleksi sperma berukualitas terbaik
- Mengawinkan sel telur dengan sel sperma bersama-sama di laboratorium dengan menyiapkan suatu lingkungan yang sesuai untuk proses pembuahan dan pertumbuhan embrio
- Transfer embrio ke dalam rahim


Sebagai penutup, di acara Two Fabulous Years of Morula IVF Makassar, ada penayangan film pendek berjudul CUCU yang perankan oleh Ikram, Firza, Tumming, dan Abu, serta segenap dokter dan team Morula IVF Makassar. Menariknya, si pemeran utama dan pasangan pelawak fenomenal Makassar, Tuminng Abu juga turut hadir memeriahkan suasana pemutaran film.

Untuk Info Lebih Lanjut:
Klinik Bayi Tabung Morula IVF Makassar, RS Awal Bros Lt. 9 Jl.Urip Sumoharjo No. 43 Makassar – Sulawesi Selatan
Hubungi: 0411-4675157 atau 0853-9830-0053





You Might Also Like

8 komentar

  1. Lawak banget itu Tumming sama Abu, semakin meriah mi tawwa ulang tahunnya Morula IVF Makassar yang ke-2 semoga menjadi solusi buat semua yang ingin program hamil dih...

    ReplyDelete
  2. ihihi serunya eventnya, paling kacau waktunya tumming abu mi masuk lol :D

    ReplyDelete
  3. Namanya juga rejeki yaa, Allah yang maha pemberi. Tapi pasutri tetap harus mengusahakannya secara maksimal.

    Morula IVF ini sangat membantu buat pasutri yang belum punya keturunan dan angka keberhasilannya cukup tinggi.

    ReplyDelete
  4. Seru sekali eventnya❤️ banyak ilmu bau yg didpt berkat event morula ini

    ReplyDelete
  5. Di acara ini baru benar2 aware soal IVF dan bgmana prosesnya, dan seru juga pas nonton film Cucu yang pesannya ngena banget tapi dikemas menjadi film komedi 😂

    ReplyDelete
  6. ini acara yg sangat inspiratif.. selain menghadirkan dokter2 ahli yg menangani reproduksi, event ini juga mengundang Tya Ariestya sebagai public figure yg spesial datang ke Makassar untuk menceritakan pengalaman suksesnya program bayi tabung di Morula IVF.. oh iya, salut juga dengan inisiatif diluncurkannya film pendek "Cucu".. semoga dengan film ini, makin banyak yg termotivasi untuk terus semangat berikhtiar mewujudkan mimpinya, terutama dalam hal memiliki momongan.. Aamiin..

    ReplyDelete
  7. Di acara Morula kemarin dikatakan bahwa istilah mandul sebaiknya dijauhi karena kesannya negatif ya Uga. Alhamdulillah ada Morula yang membuat banyak orang bisa lebih optimis berikhtiar :)

    ReplyDelete
  8. Event morula ini sngat membantu pasutri untuk melakukan pembuahan

    ReplyDelete




Subscribe