Fanbo dan Drama Lipstik Mama

February 15, 2019

Bagaimana rasanya punya saudara perempuan? Enak yah, bisa berbagi lipstik, makeup dan bertukar pakaian.


Kerap saya memakai pakaian adik, yang ukurannya up size dari ukuran asli saya kalau sedang bosan dengan pakaian sendiri. Kemeja dan jaket terutama. Saya juga kerap berbagi skincare, facial wash, cream, lotion dan sunblock misalnya. Tapi tidak untuk produk makeup apalagi lisptik, saya hanya punya dua saudara yang kesemuanya laki-laki, hahaha.

Kawan berbagi lipstik saya cuma mama, itu pun tidak bisa selalu. Kami cukup jarang bertemu, saya hanya sesekali mengiriminya lipstik jika menemukan jenis lipstik favorit mama atau merasa akan kewalahan menghabiskannya. Tak semenyenangkan punya saudara sama perempuan yah? Okeh, ini bukan ajang sayembara pencarian saudara yang hilang!

Saya bisa ditabok, mama. Nanti jadi ada saingan berbagi lipstik. Ha-ha-ha.

Selera lipstik mama mentok di: lipstik matte, glossy, dan satin lipstik. Lip Liquid, Lip Cream dan sejenisnya yang menggunakan aplikator terlalu merepotkan. Tapi harus punya banyak warna, atau sewarna asal banyak pokoknya. Demi menghindari drama lipstik menggelinding ke kolong meja, lemari, tempat tidur dan kolong-kolong lain.

Seringnya, pas mau dipakai, itu lipstik suka menghilang entah kemana, tapi kalau tak sedang dicari suka tiba-tiba muncul seperti ketombe. Tapi kadang muncul sudah tanpa penutup dan lecet sana-sini. 

Padahal kalau kaos kakiku hilang, yang paling tau tempatnya pasti mama. Tapi entah kenapa kalau urusan lipstik jadi beda. Makanya mama selalu excited kalau saya pamer liptik keluaran baru, karena ujung-ujungnya akan saya tawarkan ke mama, seperti Fanbo Ultra Satin Lip yang baru saja saya dapatkan dengan delapan warna lengkap ini.


“Bagus tidak?” Tanya mama, “Lipstik itu, kosmetik yang bisa dimakan”

“Hah?”

“Iya, kan kalau lagi makan atau minum biasa ikut tertelan lipstiknya, kalau bahannya tidak aman kan bisa bahaya untuk kesehatan.”

Baique~

“Ini Fanbo punya, Ma! Sudah terkenal dan dijamin aman.” Dalam hati saya bahkan yakin sekali kalau mama lihat warna-warna dan tekstur Fanbo Ultra Satin Lip ini, tidak lagi sempat menanyakan hal-ihwal lain yang membuat saya harus menjelaskan panjang lebar.

Mamaku super picky juga kalau soal lipstik, tidak mau sembarang pakai lipstik unbrand yang banyak dijual di pasar tanpa nama dengan harga murah menggiurkan.

Hem, tunggu saja sampai mama melihat tekstur Fanbo Ultra Satin Lip ini. Super ringan seperti tidak pakai lipstik sama sekali, tapi warnanya intens dan menutup seluruh warna bibir. Bikin bibir lembab pula.

Salah satu kelebihan Satin Lipstik memang pada tekturnya, ringan dan tidak membuat bibir kering. Kalau untuk pemakaian sehari-hari bisa banget diandalkan.

Tapi yah, kalau tidak di-swatches dan di-review dikit rasanya kurang afdol gitu. Jadi mari kita coba warna-warnanya.

Fanbo Ultra Satin Lip

Fanbo Cosmetics ini salah satu brand lokal, yang baru saja merilis Lipstik yang termasuk dalam rangkaian Fanbo Precious White, berjudul Fanbo Ultrall Satin Lip dengan 8 pilihan warna. Warna-warnanya memang bukan tipe warna yang heboh, biasa saja. Biasa dipakai untuk sehari-hari maksudnya.

Kedelapan pilihan warnannya benar-benar wearable, mulai dari yang netral/nude hingga bold, tapi yang bold pilihannya yah hanya turunan warna merah. Tidak macam-macam. Tapi yang bikin gembira itu, teksturnya benar-benar enak, lembut dan ringan, tapi pigmentasinya ok.

Packaging Fanbo Ultra Satin Lip

Selalu deh, packaging paling pertama dibahas. Soalnya, apa-apa kalau packagingnya menarik, kemasannya lucu, bentuk dan warnanya cantik, bikin tergiur dan makin penasaran kan untuk mencobanya.

Kemasan lipstiknya seperti ini, agak ringan dan simpel.

Karena saya dapatnya satu paket, jadi packaging-nya cantik sekali. Kotak merah muda dengan tagline Effortless Beauty. Tak butuh upaya untuk cantik, cantik itu tak butuh usaha. Eh? Maksudnya untuk jadi cantik tak perlu upaya besar, cukup pakai Fanbo Ultra Satin Lip! Cantik dah tuh!

Kemasan lipstiknya dari plastik ringan yang simple dan cantik dengan nuansa pastel, putih-pink. Warna lipstik sama dengan dudukannya (bagian bawah kemasan) jadi bisa langsung ketahuan warnanya, dan sudah dilengkapi nomor lipstik.

Tiap lipstik disegel dengan pelastik bening yang bukanya agak susah, dan harus hati-hati, soalnya lipstiknya sedikit rentan. Setelah saya buka satu-satu, ternyata ada satu lipstik yang patah, patah dari pangkal. Entah patah pada saat saya membuka segel atau dari proses pengiriman. Padahal sudah pakai bubble wrap. ☹️

Warna Fanbo Ultra Satin Lip

Pilihan warna-warna Fanbo Ultra Satin Lip ini ada 8, empat warna nertral dan 4 lainnya lebih bold. Kalau favorit mama sih warna-warna bold, merah agak ruby dan berry, seperti nomor 01, 07, 02, dan 04.


Ini kesemua pilihan warnanya, mulai dari yang natural hingga bold.

01. Prom Queen
Ini warnanya agak bold, ruby gitu. Jadi pas dipakai bisa langsung nutup warnanya. Jadi kalau saya pakainya suka tipis-tipis saja biar kesannya tetap natural. Kalau mama, ini akan jadi warna favoritnya, soalnya bold tapi cantik.

02. Nerd
Uwaah, ini merah tua cantik parah. Sudah berapa kali sih saya bilang kalau warnanya cantik-cantik? Dan saya suka semuanya sih. Beneran kepake semua warna-warnanya.

03. Feminime
This is my favorit number, huah. Warnanya cakep dan netral gitu. Saya kan sukanya yang netral-netral sih jadi ini beneran bisa jadi my daily lipstik. Kesannya bikin bibir terlihat segar dan sehat gitu. Like, my lip but better lah pokonya. 

04. Adventurous
Aduh, sebenatar lagi saya pasti akan bilang kalau saya juga suka  warna ini, tuh kan?! Semua warna beneran cantik-cantik semua dan beneran bisa dipakai di berbagai look. Kalau Adventurous ini agak bold, merah tapi bukan yang merah cabe mentereng, jadi masih bisa banget dipakai untuk look natural kesukaanku. Asal pakainya tipis-tipis sih.

05. Fashionista
Di antara semua warna, 05-Fashionista ini yang paling nude, tapi nudenya tidak terlalu pucat, agak coklat gitu.

06. Innocent
Kalau ini nude agak peach lebih pucat, terpucat dari semua warna lainnya. Jatuhnya jadi natural, one of my favorit kalau yang ini.

07. Possesive
Warna yang ini lebih ke berry, agak ungu-ungu tua gitu, this my mom’s color.

08. Ambitious
Ambition ini warnanya netral juga, lebih ke coral, agak oranye gitu.

Semua warna beneran bagus, secantik itu. Masing-masing warna memberikan kesan yang beda-beda. Adventurous misalnya, bikin saya merasa sanggup mendaki gunung lewati lembah. Saking pedenya hahaha.

Nih, bonus!! Ini pake warna 04 Adventurous. Semoga tidak mimpi buruk yah abis liat muka saya yang kayak ubur-ubur hohoho.

Soal harga, Fanbo Ultra Satin Lip termasuk affordable, sekitar 41k. Kalau belinya di market place yang lagi diskon bisa lebih murah lagi. Bisa di cek Instagram @fanbocosmetics

Tekstur Fanbo Ultra Satin Lip

Soal tekstur atau formulanya menurutku Fanbo Ultra Satin Lip sih juara. Lembut dan ringan banget tapi tetap intens warnanya. Karena finish-nya satin, setengah glossy dan setengah matte gitu, jadi cukup untuk melembabkan bibir, tidak membuat bibir kering selama pemakaian, walaupun tidak menggunakan lipbalm sebelumnya.

Konsentrasinya benar-benar pigmented dan ringan, jadi serasa tidak pakai lipstik. Kayak pakai pelembab saja tapi warnanya benar-benar nutup.

Baca: Lip Cream Aleysia, Nyaman dan Ringan

Ketahanan Fanbo Ultra Satin Lip

Untuk pemilihan lipstik, ketahanan termasuk poin penting kan yah? Mama biasanya suka rewel soal ini, kan repot tuh kalau pas lagi keluar terus harus sering-sering touch-up. Makanya mama paling suka lipstik yang daya tahannya agak lama, tapi tetap tidak membuat kering bibir walau seharian dipakai. Biasalah yah, buibu. Penting banget lipstik tetap on, biarpun baju sudah kusut dipakai seharin.

Soal ketahanan, Fanbo Ultra Satin Lip ini transfer, jadi bisa berpindah ke bibir gelas atau sedotan saat minum hahah. Tapi yang di bibir tetap stay, walaupun transfen tidak langsung hilang keseluruhan. Jadi masih bisa di-hack. Caranya, setelah diaplikasikan lalu bold pakai tissue pelan-pelan. Kalau mau ketahanan ekstra bisa di­-reapply (aplikasikan lagi setelah di-bold pake tissue).

Setelah mencoba kesemua warna, saya semakin yakin mau menyimpannya lebih banyak. Karena warnanya cantik-cantik semua, benar-benar bisa dipakai untuk sehari-hari. Tapi tadi mama sudah nelfon, di rumah sedang terjadi kehebohan pagi-pagi. Mama buru-buru mau ke pasar tapi lipstiknya pada menghilang entah kemana. Baique~

Saya sudahi dulu cerita drama lipstik mama, mau segera mengemas lipstik untuk mengirimnya.

You Might Also Like

18 komentar

  1. ternyata warna lipstik banyak yah. saya kadang tidak tahu perbedaan warna merah dengan pink kalau sudah di bibir. btw, lipstik Fanbo itu bahannya gak papa kalau masuk ke tubuh? aman dong yah kalau ciuman sama pasangan yang pakai lipstik ini :D

    ReplyDelete
  2. Hehehe...soal lipstik memang seru untuk dibahas, selalu ada lipstik terbaru yang muncul. Eeemmm....saya sendiri pemilih lipstik, dak pakai lipstik sembarang karena bibir mudah sekali gatal gatal. Tapi lipstik merek ini bisa dicoba. Makasih infonya.

    ReplyDelete
  3. Soal lipstik, saya cuma teringat dua hal, pertama lagu Asli Grup,"merah delima, warna bibirnya". Kedua, sebuah judul dalam salah satu buku Eka Kurniawan, "Perembupan dengan lipsitk merah muda".

    ReplyDelete
  4. Packagingnya manis. Warnanya juga cantik-cantik. Apalagi yang no. 3 itu. Saya juga suka warna yang netral. Kayaknya saya jadi tertarik mau coba listip fanbo ultra satin lip ini๐Ÿ˜…

    ReplyDelete
  5. Warna merah lipstik ini ternyata banyak sekali gradasinya ya. Tapi kok ndak warna biru ya ? yang utama sih ndak melengket di baju. Kalo ada cap lipstik di baju itu butuh banyak alasan untuk menjawabnya.

    ReplyDelete
  6. Aduh susah sekali rasanya menyimak tulisan di artikel ini, hehe secara saya ngga paham sama sekali dunia lipen2an..

    Sy sering nganter istri ke Sephora atau store2 yg jual lipstik aneka macam, dan hanya memanfaatkan utk cuci mata saja liat pengunjung2nya..hehe

    Anyway makasih sdh berbagi cerita kerennn...

    ReplyDelete
  7. Saya jujur nda terlalu mengerti juga soal lipstik-lipstikan ini hahaha.
    Saya hanya tahu bahwa lipstik yang bagus adalah yang warnanya tidak mencolok dan menor serta enak di bibir. Ups..

    ReplyDelete
  8. Masih adakah merk Fanbo? Ini merk sepertinya seusia dengan Viva
    Saya suka warna yang kak Uga pakai, eh atau karena memang pas di wajah kak Uga uang cantik. Terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  9. Saya suka warna 05, Uga. Masih adakah? Atau kalau ada stok yang mau dibagi-bagi, bolehlah simpankan saya. Eh, terus terangnya hihi.

    Siapa tahu kan, yaa .... Siapa tahu rezeki ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada padahal saya simpankan ki kak, waktu ngumpul-ngumpul keroyokin lipstik itu hari huhu

      Delete
  10. emang sudah biasanya saudara adik kakak, malah teman akrab pun kadang saling berbagi make up, setidaknya parfum

    ReplyDelete
  11. Ahay ternyata ini postingan yang bikin heboh grup pagi tadi. Terpaksa manjat-manjat saking panjangnya bahasannya. Btw, saya paling suka lipstik yang warnanya tidak menor.

    Terima kasih triknya soal bagaimana agar lipstik awet di bibir tanpa harus touch up. Besok-besok mau dipraktekkan

    ReplyDelete
  12. wah, fanbo juga ada merk lipstick ya��. Kalau dijawa saya taunya istilah "minyak fanbo" Yang biasanya dipake orang - orang pas lagi kuda lumpingan������. Anyway, kok saya nyimak tulisan ini yah�� hahaha menarik sih

    ReplyDelete
  13. Aku suka gaya berceritanya. Diawal tidak seperti sebuah review tapi cerita tentang anak dan ibu. Fanbo cantik-cantik ya warnanya, tapi sayang ku lagi puasa makeup.

    ReplyDelete
  14. Saya baca postingannya serasa udah tau jenis2 lipstik duhhh. Semudah itukah hahaha. Tapi blum liat sih bentuknya kek gimana๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete




Subscribe