SEHAT BEBAS WORRY ALA HIJUP X SOFTEX DAUN SIRIH

8:56 AM




Ngomong-ngomong soal pembalut, rasanya masih segar dalam ingatan saya pengalaman saat pertama kali mengalami menstruasi di kelas VIII sekolah tingkat pertama. Situasi yang benar-benar mendebarkan; takut, khawatir sekaligus juga malu bilang sama mama. Jadinya worry sendiri, tidak mau keluar kamar saat sedang di rumah. Paling parahnya lagi, itu masih moment sekolah, dan saya “tembus” sepulang sekolah karena belum tahu apa-apa soal macam-macam pembalut. Asal dapat beli saja yang ada.

Saya masih suka risih sih kalau ngomongin seputar menstruasi dan permasalahan Miss V pada siapapun, sekalipun itu mama. Padahal hal ini sangat penting, mengingat area sensitif kita benar-benar butuh perhatian dan perawatan khusus untuk mencegah berbagai masalah yang mengintai setiap saat, terutama masalah kebersihan dan kelembaban yang dapat berefek fatal, bisa menyebabkan keputihan, infeksi bahkan hingga penyakit serius seperti kanker.

Mungkin ada yang mengalami kerisihan seperti saya? Bahkan kalau ditanya pun “Kok tidak salat? Anu yah?” Rasanya ingin jawab “Kalau kira-kira sudah tahu jawabannya, tidak usah bertanya!” sambil nabok mukanya.

Tentu saja itu bukan keputusan yang tepat, sebab edukasi dini seputar Organ Reproduksi wanita sangatlah penting, olehnya saya sangat antusias saat dapat undangan untuk menghadiri acara HIjup Bloggers Meet Up X Softex Daun Sirih yang mengusung tema “Ngobrol Sehat Bebas Worry” yang bertempat di On20 Bar & Dining Sky Lounge yang letaknya di lantai 20 hotel Aston, di akhir Ramadan kemarin, tepatnya di tanggal 8 Juni 2018. Terlebih lagi saat tahu pembicaranya adalah spesialis Obgin (dr. Bram Pradita, SpOG), kesempatan baik di bulan yang baik 😊

Selain Dr. Bram juga turut hadir Ashry Rizqi Rabani (Social media influencer) dan Anastasia Erika (Brand Manager PT. Softex Indonesia) dan tidak kalah penting juga ada Bang Sandi Geta yang mengajarkan trik photograohy khusus flat lay yang diakhiri dengan flat lay photo challenge.


OBROLAN SEPUTAR PERMASALAHAN WANITA

Bagian yang paling seksi dari Ngobrol Sehat Bebas Worry ini adalah...... Obrolan seputar permasalahan wanita dan solusi perawatan serta pemeliharaannya #ciah :D (Grogi Uga. Hahaha) apalagi dokternya laki.

Sebagai pembuka obrolan, dr. Bram memaparkan beberapa kondisi dan permasalahan yang umum dialami wanita, yakni keputihan. Sekalipun dalam kondisi umum tidak semua keputihan berbahaya, dalam taraf normal keputihan masih aman jika belum menunjukan gejala-gejala yang mengganggu. Karena pada fase bulanan, normal saja jika kita mengalami keputihan menjelang menstruasi atau sebab hormonal selama jumlah cairan yang keluar tidak terlalu banyak, konsentrasi cairan bening tidak mengental, menguning, kehijauan bahkan coklat bercampur darah, atau beraroma tak sedap.

Olehnya sangat penting untuk menjaga kebersihan area Miss V dan mencegahnya dari kondisi lembab, sehingga sangat dianjurkan untuk mengganti celana dalam setiap 3 jam sekali, atau setidak-tidaknya setelah buang air kecil atau sebelum salat 5 waktu. Ribet kan? Apalagi kalau kita lebih banyak beraktivitas di luar rumah, dan tidak memungkinkan untuk mengganti dalaman sesering itu. (Tapi tenang, ada solusi praktis dan aman untuk ini, keep reading yah 😊)

Selain menjaga kebersihan pakaian yang bersentuhan langsung dengan Miss V, juga pola hidup tidak sehat yang dapat memicu masalah seputar area kewanitaan, yang meskipun kelihatannya sangat sepele dan seringkali terabaikan oleh kita.

Dari penuturan dr. Bram, selain pola hidup yang tidak sehat, juga terdapat beberapa faktor yang dapat mengganggu kesehatan organ intim wanita serta penyebab infeksi, yakni;

  • ·     Seks bebas
  •       Merokok
  •       Mengkonsumsi Alkohol
  •       Stress
  •       Penyakit-penyakit dan kondisi tertentu seperti HIV, Diabetes Melitus dan Obesitas
  •       Antibiotik yang tidak rasional
  •       Perubahan hormonal



Selain menghindari pola hidup tak sehat, juga ada beberapa kiat yang dapat dilakukan demi menjaga kebersihan dan kesehatan Miss V anda, di antaranya;

Menjaga area V agar tetap kering dan bebas lembab. Area lembab menjadi tempat potensial bagi perkembang biakan bakteri dan jamur. Olehnya sangat penting mengeringkan area V setelah buang air besar maupun kecil dan mengganti celana dalam, atau mengganti pentyliner.

Basuh Miss V sebelum dan sesudah bersenggama. Lakukan pembasuan dari daerah depan ke belakang, untuk memastikan Miss V benar-benar bersih, sebab jika membasuh dari arah belakang, kekhawatirkan akan membuat bakteri berpindah ke area Miss V.

Gunakan pembersih miss V yang terbuat dari bahan alami. Sebaiknya menghindari penggunaan sabun yang mengandung bahan kimia dan wewangian yang menyengat, karena dapat merusak keseimbangan pH dan menganggu aktivitas bakteri baik yang berfungsi milindungi Miss V dari bakteri berbahaya.

Hindari vaginal douching. Yakni menyemprot cairan pembersih berbahan kimia ke dalam vagina dengan alat douche, sebab lebih rentan mendorong bakteri justru masuk ke dalam vagina.

Bersihkan Miss V sesaat setelah berolahraga. Sebab keringat sangat rentan memancing pertumbuhan bakteri berbahaya di area miss V, olehnya segera membersihkan area V setelah berolahraga atau berkeringat lebih.

Ganti pembalut atau pantyliner setiap 3 jam sekali. Ini sangat penting mengingat, saat menstruasi area V rentan mengalami lembab, dan dalam kondisi diluar menstruasi juga sangat penting untuk rutin mengganti pentyliner secara teratur untuk menjaga Miss V tetap kering dan nyaman.

Menghindari penggunaan celana dalam yang terlalu ketat dan sebaiknya tak menggunakannya saat tidur. Penggunaan celana dalam yang ketat rentan menyebabkan lembab dan Miss V sulit bernafas, dan tidur dalam keadaan tidak menggunakan celana dalam dapat meningkatkan kualitas tidur, dan anda dapat bangun di pagi hari lebih fresh.

Jika telah melakukan kiat-kiat tersebut untuk menjaga kebersihan dan kesehatan Miss V serta menghindari pola hidup tak sehat namun keputihannya mulai menunjukan gejala yang menggangu patut dicurigai, seperti hal-hal berikut;

  • ·    Jumlahnya banyak dan dalam jangka waktu yang lama.
  •      Berubah warna, jika keputihan yang normal cenderung tak berwarna atau bening.
  •      Teksturnya lebih kental, menyerupai susu pucat, kecoklatan bahkan disertai darah.
  •      Aroma tak sedap, hal ini cenderung dipengaruhi oleh hormon, dan efek infeksinya. (Aroma keasaman mengindikasikan bakteri baik yang mendiami Miss V sedang berperang melawan bakteri jahat, jamur atau virus lainnya).
  •      Berasa gatal dan panas di sekitar Miss V.Berasa nyeri yang mengganggu.


Jika sudah mengalami keputihan up normal demikian, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter, jangan menunggu hingga kondisinya parah dulu karena enggan atau malu.

SOFTEX DAN PENTYLINER DAUN SIRIH
Oiya, soal mengganti dalaman minimal sekali tiap 3 jam, tentu akan merepotkan apalagi bagi yang beraktivitas di luar rumah dengan mobilitas tinggi, solusi praktis dan aman yang saya tunda tadi adalahhh..... “Pakai saja pentyliner! Yang bisa diganti tiap 3 jam atau saat buang air kecil tanpa harus mengganti dalaman. Apalagi saat bepergian dan traveling. Praktis kan?
Varian Produk Softex Daun Sirih

Tak usah khawatir menggunakan pentyliner, karena sudah ada Pentyliner dari Softex daun sirih yang aman dan higienis karena menggunakan antiseptik alami daun sirih, jadi aman dan dapat menghindarkan Miss V dari kondisi lembab selama beraktivitas seharian.
Selain pentyliner, pembalut saat menstruasi juga harus diperhatikan, sebab saat masa menstruasi Miss V sangat rentan mengalami lembab sehingga juga penting untuk menggantinya tiap 3 jam sekali. Selain rutin mengganti, anda juga patut memperhatikan pemilihan pembalut yang tepat, dengan kemampuan daya serap yang tinggi untuk menjaga area V tetap kering dan bebas lembab.

Nah Softex dan Pantyliner Daun Sirih ini adalah produk sanitary napkin terbaik yang mengandung ekstrak alami daun sirih, sebagai antiseptik alami yang melindungi wanita agar lebih bersih dan sehat. Softex dan Pantyliner Daun Sirih berada di bawah bendera Softex Indonesia yang merupakan produsen pembalut pertama di Indonesia.

Dengan klaim daya serap tinggi yang mampu menyerap cairan dalam 1 detik untuk menjaga permukaan tetap kering. Juga softex daun sirih ini sudah lulus uji hipoallergenic dari Austrian Dermatologist jadi sangat aman untuk kulit sensitif sekalipun. Tentu saja yang paling penting Softex Daun Sirih sudah mengantongi sertifikat halal dari MUI. Jadi sangat aman!



Kenapa Softex memilih daun sirih sebagai pengganti antiseptik, selain karena kandungannya yang alami dan tentu saja aman, penggunaan daun sirih juga secara otomatis meminimalisir penggunaan bahan kimia berbahaya. Daun sirih juga sudah sejak lama dipercaya dan digunakan untuk keperluan kecantikan dan kesehatan, terutama dalam memelihara kesehatan area kewanitaan. Jadi bebas worry kan yah?!

FLAT LAY PHOTOGRAPHY

Tak kalah menarik dalam Hijup Bloggers Meet Up X Softex Daun Sirih dalah turut serta menghadirkan Bang Shandy Geta selaku photographer andal yang dikenal telah sejak dulu malang-melintang di dunia photography, yang membawakan workshop flat lay photography. Salah satu trand teknik photo yang sedang banyak digandrungi. Flat lay ini adalah teknik membidik gambar dari atas ke bawah lurus 90 derajat, dengan objek yang diletakkan di atas bidang datar.

Karena skill photography merupakan salah satu yang terpenting bagi blogger dan pelaku sosial media, sebab demi menunjang keterampilan menulis, pengambilan gambar yang menarik juga menjadi nilai tambah bagi tulisan atau konten yang diciptakan. So, workshop ini sangat worth it.

Karena sudah membaca sampai akhir, Uga kasih hadiah yah, berupa voucher belanja sebesar Rp. 50.000 untuk pembelian minimum Rp. 250.000 di HIjup dengan kode voucher HIJUPSFTXMKS  masa berlaku voucher hingga 12 Agustus 2018 loh yah. Buruan lagi banyak koleksi dan promo menarik loh di Hijup.com

Thanks For reading :*






You Might Also Like

14 komentar

  1. Makasih kepada Softex dan HijUP yg telah memfasilitasi bincang berkualitas ini bersama blogger makassar. Jadi punya banyak ilmu nih ttg cara.menjaga miss V

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, beneran bincang berkualitas apalagi buat Uga yang belum banyak ngerti soal-soal gituan hehehe..

      Hapus
  2. Suka sekali sama acara ini. Sungguh berfaedahh.. Jadi tauu cara merawat miss V 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tooss Uga juga suka sekali acara ini, sangat bermanfaat kak xixixi

      Hapus
  3. Saat menjelang haid, mamanya tidak ntomong ke Uga apa yg akan terjadi ya sampai takut begitu? ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pernah sih kak, tapi Uga agak risih kalo bahas begituan hahahah. jadinya dehh..

      Hapus
  4. Horeeee dapat voucher udah baca blog uga heheehhehe ..

    BalasHapus
  5. Cuss deh langsung belanja di HIJUP, btw nice sharing ugaa 😘

    BalasHapus
  6. Satu kata untuk Hijup, Softex dan bang Sandy, kalian kereeen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, acaranya meriah dan keren sekali, sampai tetes terakhir #eh :D

      Hapus

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe